Friday, February 22, 2013

KEGIATAN PERSAMI SDN KLATAKAN 03

PERSAMI: Perkemahan Sabtu dan Minggu dilaksanakan bersama anak-anak Pramuka SD Negeri Klatakan 03 Tanggul bagian dari pembentukan kedisiplinan siswa disamping membangun kepribadian siswa yang mandiri, percaya diri dan mempunyai keberanian yang disajikan para pembina dalam berbagi bentuk kegiatan dan permainan yang mengarahkan para peserta untuk membangun dan mengembangkan jiwa gotong royong dan kebersamaan dalam melaksanakan tanggung jawab.
Pada hri kedua: pagi-pagi seluruh siswa peserta telah bangun pagi berkumpul di halaman berolah raga bersama guna mengusir rasa dingin dan menemukan kehangan dan semangat pagi serta kesegaran tubuh untuk melanjutkan seluruh rangkaian kegiatan seharian. Masak sendiri secara beregu, salah satu mata kegiatan yang harus diselesaikan pagi ini dan untuk kegiatan ini pun para siswa dapat melakukannya dengan baik dan benar- regu putri dan regu putra. Kegiatan PERSAMI ini di Hadiri Bapak Kepala UPT Dinas Pendidikan Tanggul Drs. MARJUK ABDULLAH, beliu mengatakan

 anak-anak Sekolah Dasar (SD) mengikuti kegiatan Pramuka bisa melatih anak jadi mandiri, tidak tergantung orang lain. 


”Anak-anak juga dibekali keterampilan, sehingga jadi lebih terampil. Percaya diri bisa ditumbuhkan dengan motifasi yang tinggi. Keceriaan anak-anak bisa muncul, karena ada games yang memerlukan kerjasama tim. Ini berbeda dengan anak-anak yang main PS (Play Station). Mereka hanya duduk main games, dan tidak melibatkan team work, karena lebih banyak sendirian. Ini sangat berbeda saat anak aktif di Pramuka,” paparnya. 
Tambahnya lagi, kegiatan non formal Pramuka ini, memang hasilnya tidak bisa dilihat langsung, tapi baru akan terlihat dalam membentuk pribadi anak ketika menjalani kehidupan saat remaja atau dewasa nantinya. ”Jika di sekolah tidak ada ekstra kurikuler Pramuka, saya kira rugi sekali buat siswa itu sendiri. Sekarang ini mulai digalakkan mulai dari kalangan guru wajib pakai seragam Pramuka, minimal seminggu sekali,” ujarnya.




Di SD, usia 7 – 10 tahun anak-anak masuk golongan Siaga, 11-12 tahun golongan Penggalang. Harapan Guru – guru SDN Klatakan 03 Tanggul, dengan melaksanakan kegiatan Persami, anak-anak kan lebih giat berlatih Pramuka dan semakin mencintai Pramuka. Program Persami bisa diupayakan pihak sekolah bisa dilaksanakan setiap semester, atau minimal setahun sekali


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►